PERBEDAAN TINGKAT LITERASI CERITA WAYANG SISWA SMA NEGERI 5 SEMARANG YANG DIAJAR DENGAN METODE ROLE PLAYING BERMEDIA WAYANG KARTON DAN METODE DISKUSI

Asropah, - and Sulanjari, Bambang and Alfiah, - and Sunarya, - (2016) PERBEDAAN TINGKAT LITERASI CERITA WAYANG SISWA SMA NEGERI 5 SEMARANG YANG DIAJAR DENGAN METODE ROLE PLAYING BERMEDIA WAYANG KARTON DAN METODE DISKUSI. -.

[img]
Preview
Text
Asropah_Laporan Hibah APBU 2016 revisian.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan tingkat literasi antara siswa yang diajar dengan metode role playing menggunakan media wayang karton dan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Trueexperimental model Pretest-Posttest Control Group Design.Variabel bebas dalam penelitian ini metode role playing menggunakan media wayang karton dan metode diskusi, sedangkan variabel terikatnya yaitu literasi cerita wayang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang dengan dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun waktu penelitiannya adalah pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara random sampling atau secara acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik t-test. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode role playing menggunakan media wayang karton dan metode diskusi terhadap literasi cerita wayang pada siswa SMA Negeri 5 Semarang. Dari nilai rata-rata kedua metode terlihat bahwa rata-rata nilai siswa dengan metode role playing lebih tinggi dari rata-rata nilai siswa dengan metode diskusi yaitu 80,6250. Artinya metode role playing lebih baik daripada metode diskusi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 23 Jan 2018 01:08
Last Modified: 23 Jan 2018 01:08
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item