Nizaruddin, Nizaruddin and Hery, Yanuar and Zuhri, M Saifuddin (2017) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MULTIPLE REPRESENTATIONS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP. -.
|
Text
Laporan Penelitian.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
National Council of Teacher Mathematics (2000) menetapkan 5 keterampilan proses yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika yaitu: (1) pemecahan masalah (problem solving); (2) Penalaran dan pembuktian (reasoning and proof); (3) Komunikasi (communication); (4) Koneksi (connection); dan (5) Representasi (representation). Berdasarkan 5 keterampilan proses di atas, representasi dan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang memegang peranan penting. Dalam kegiatan pemecahan masalah, siswa dapat mempresentasi ulang suatu konsep matematika dalam beberapa format yang berbeda-beda, konsep tersebut dinamakan Multiple representations Tujuan penelitian ini adalah untuk Bagaimana deskripsi kemampuan multiple representations dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif karena mendeskripsikan bagaimana deskripsi kemampuan multiple representations dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP melalui jawaban yang diberikan siswa terhadap tes tertulis serta wawancara. Subjek yang akan dijadikan penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mranggen Kabupaten Demak. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan data hasil tes tertulis dan data hasil wawancara. Kemudian dilakukan triangulasi metode untuk menghasilkan data dari subjek penelitian yang valid. Hasil dari penelitian ini adalah: subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu mengidentifkasi dan menggunakan obyek, proses dan prosedur yang sesuai, dalam berbagai representasi (Versatile/ Cakap), Mengaitkan prosedur dan proses, yang dapat diterapkan pada berbagai representasi pada konsep yang relevan (berorientasi pada konsep), beroperasi pada simbol (representasi simbolik), menggambar (representasi grafik/ gambar)dan menggunakan prosedur untuk memperoleh hasil numerik (representasi numerik); subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu mengidentifikasi namun tidak dapat merencakan prosedur yang sesuai dalam penyelesaian masalah (tidak versatile/ cakap), mampu menggambar (representasi grafik/ gambar), mengiterpretasi makna symbol (representasi simbolik), Menggunakan prosedur untuk memperoleh hasil numerik (representasi numerik); subjek dengan kemampuan matematika rendah mampu mengidentifkasi dan menggunakan obyek, tetapi tidak dapat memproses dan dan menggunakan prosedur yang sesuai, tidak dapat mengaitkan prosedur dan proses, , beroperasi pada simbol (representasi simbolik), tidak menggunakan gambar sebagai ekspresi dalam menjawab dan tidak menggunakan prosedur untuk memperoleh hasil numerik. Kata Kunci: Multiple Representations, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Renie Puji Astuti |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:59 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
View Item |