ANALISIS PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH DALAM PEMBELAJARAN SD DI KOTA SEMARANG

Subekti, Ervina Eka and Agustini, Ferina and Priyanto, Wawan ANALISIS PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL JAWA TENGAH DALAM PEMBELAJARAN SD DI KOTA SEMARANG. Tidak Ada.

[img]
Preview
Text
Laporan tradisional_revisi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permainan tradisional jawa tengah seperti gobak sodor, congkak dan sebagainya semakin lama semakin menghilang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat anak-anak Indonesia semakin banyak yang kecanduan gadget. Dalam berita media on line liptan 6.com pada hari senin, 12 Desember 2016 menyebutkan bahwa data Asia Parent mengungkap sebanyak 99 persen anak lebih suka menghabiskan waktunya dengan gadget saat di rumah, 71 persen anak akan sibuk dengan gadget saat berpergian, 70 persen di rumah makan, 40 persen di rumah temannya, dan 17 persen anak-anak sibuk dengan gadget saat jam istirahat sekolah. Hal ini berdampak pada semakin dilupakan dan ditinggalkannya permainan tradisional sebagai warisan leluhur. Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran di SD di-Kota Semarang?, (2) Dalam mata pelajaran dan materi apa guru menerapkan permainan tradisional dalam pmbelajaran? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang diarahkan untuk menganalisis permainan tradisional yang sudah dilaksanakan guru dalam pembelajaran tematik di SD di-Kota Semarang. Data diperoleh melalui angket dan wawancara kemudian peneliti melakukan analisis terhadap hasil angket dan hasil wawancara. Penelelitian ini dilaksanakan mengikuti prosedur penelitian deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian yang sudah dideskripsikan sebelunya semua guru SD di Kota Semarang yang menjadi objek penelitian menyatakan bahwa permaian tradisional mempunyai banyak manfaat untuk siswa Sekolah Dasar. Implementasi permainan tradisional sudah pernah dilakukan di semua SD. Permainan tradisional biasa diterapkan di berbagai mata pelajaran, anatar lain : matematika, olah raga, IPS, IPA, PKn, SBK dan juga dalam pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran SD di-Kota Semarang sudah berjalan. Dari semua SD yang menjadi sampel penelitian semuanya sudah menerapkan permainan tradisional dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. (2) Permainan tradisional biasa diterapkan dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar dengan permainan engklek, operasi hitung dengan permainan dakon, jarak dengan permainan Bentik, lompat tali, atau umbul layang , KPK dan FPB dengan permainan dakon. Dalam mata pelajaran IPS pada materi bersosialisasi dan kerja sama. Pada mata pejaran IPA materi gaya dan udara dengan permainan tarik tambang. Pada mata pelajaran PKn materi materi persatuan dan kesatuan atau kerja sama dengan permainan gobak sodor. Kata Kunci : Penerapan, Permainan tradisional, pembelajaran SD,

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Farras Alda Havana
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:58
Last Modified: 22 Jan 2018 07:58
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item