STRATEGI PELESTARIAN BAHASA DAERAH SEBAGAI ASET BANGSA MELALUI PENDIDIKAN FORMAL ANAK USIA DINI

Alfiah, Alfiah STRATEGI PELESTARIAN BAHASA DAERAH SEBAGAI ASET BANGSA MELALUI PENDIDIKAN FORMAL ANAK USIA DINI. Seminar Nasional 2017 “KearifanLokaldalamPemertahananIntegrasiBangsa Indonesia”.

[img] Text
UNPAD JADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kedudukan bahasa daerah di era modern semakin terkikis oleh merebaknya bahasa asing di negara kita. Kenyataan tersebut diperkuat oleh sikap masyarakat sekarang ini yang cenderung lebih merasa bangga jika mampu menguasai bahasa asing daripada bahasa daerahnya sendiri. Menguasai bahasa asing dinilai lebih bergengsi, sedangkan bahasa daerah cenderung dinilai kuno. Tanpa disadari bahwa sikap yang demikian tersebut akan menjadi penghambat dalam proses pewarisan nilai-nilai luhur budaya daerah. Selain itu, akar budaya yang sarat akan nilai-nilai karakter dan menjadi identitas suatu daerah pun akan luntur. Oleh karema itu, tidak mengherankan lagi jika generasi di era sekarang ini pun tidak mengenal akan karakteristik budayanya sendiri. Dalam hal ini, upaya pelestarian bahasa daerah penting sekali untuk diperhatikan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah mengoptimalkan pembelajaran bahasa daerah melalui pendidikan di sekolah-sekolah sejak anak usia dini. Mengingat bahwa enam tahun pertama masa anak sebagai jangka waktu yang paling penting bagi perkembangannya. Anak Usia dini memiliki potensi yang luar biasa dan saat itu otak tumbuh pesat dan siap diisi dengan berbagai informasi dan pengalaman. Oleh karena itu, pada masa inilah bahasa daerah harus mulai diajarkan. Lingkungan sekolah bagi anak usia dini menjadi salah satu alternatif terbaik dalam pembelajaran bahasa daerah secara formal. Dengan demikian, perlu adanya pengembangan kurikulum Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) yang menekankan pada pembelajaran bahasa daerah sekaligus sebagai penanaman nilai-nilai karakter bangsa yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang cukup memadahi. Pada umumnya, bagi anak usia dini, materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru di sekolah lebih efektif dan mampu terekam secara maksimal. kata kunci: pelestarian, bahasa daerah, PAUD

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:23
Last Modified: 31 Jul 2018 05:41
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item