EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI

Setyawati, Rina Dwi and Albab, Irkham Ulil and Endahwuri, Dhian (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI. Tidak Ada.

[img]
Preview
Text
Laporan PDP reguler 2016 rina irkham dhian -ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahu efektifitas penggunaan model Problem based learning berbantuan mobile learning pada matakuliah matematika ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa peserta mata kuliah Matematika Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Data dikumpulkan melalui tes dan angket motivasi. Analisis data awal digunakan untuk memeriksa normalitas dan homogenitas data. Analisis akhir menggunakan uji ketuntasan, uji beda dan regresi linear. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Hasil belajar mahasiswa menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan mobile learning pada mata kuliah ekonomi telah mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen adalah 73. Serta ketuntasan klasikal yang telah dicapai adalah 78,125%. 2) Rata-rata hasil belajar model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan mobile learning pada mata kuliah ekonomi lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kelas konvensional. 3) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar pada model problem based learning dengan berbantuan mobile learning pada mata kuliah ekonomi sebesar 41% sedangkan sisanya ditentukan oleh keadaan lain. Kata Kunci: Eksperimen, Problem based learning, Mobile learning, Matematika ekonomi

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:56
Last Modified: 22 Jan 2018 07:56
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item