Alfiah, Alfiah OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF: SEBUAH UPAYA PEMERTAHANAN EKSISTENSI BAHASA DAERAH DI TENGAH BUDAYA GLOBAL. Artikel.
|
Text
Makalah Seminar UMP.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Mata pejaran bahasa Jawa sebagai mata pelajaran (mapel) muatan lokal cukup dilematik. Sebagai mapel yang memilikitujuan untuk membentuk pemahaman pessrta didik terhadap potensi di daeran tenpat tinggalnya, kurang mendapatkan perhatian yang baik. Motivasi siswa untuk belajar bahasa Jawa masih sangat rendah. Asumsi ini merebak dengan dugaan bahwa proses pembelajaran di kelas kurang menarik sehingga tidak mampu memotovasi siswa untuk belajar. Jika kondisi semacam ini terus dibiarkan, dikhawatirkan eksistensi bahasa sebagai cagar budaya yang sarat akan muatan nilai-nilai karakter akan punah. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu alternatif yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Dengan pembelajaran kooperatif, diharapkan materi bahasa Jawa dapat memotivasi siswa untuk belajar. Melalui pengalaman belajar dengan model berkelompok, Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan secara aktif mengorganisir pengatuan dan pada akhirnya mampu mengontruksi pemahaman secara komprehensif. Penerapan pembelajaran kooperatif pada siswa Sekolah Dasar (SD) dinilai tepat karena pada usia anak SD, adalah masa dimana anak senang bermain, melakukan aktivitas secara langsung, dan bekerja secara berkelompok.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 03:21 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 03:21 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/19 |
Actions (login required)
View Item |