PROSES BERPIKIR SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH PYTHAGORAS (STUDI ANALISIS DATA BERBANTUAN QSR NVIVO 11)

Sutrisno, . and Muhtarom, . and Murtianto, Yanuar Hery PROSES BERPIKIR SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH PYTHAGORAS (STUDI ANALISIS DATA BERBANTUAN QSR NVIVO 11). Tidak Ada.

[img]
Preview
Text
Laporan Hibah NVivo.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah pythagoras dengan bantuan software QSR NVivo 11. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software QSR NVivo 11. Penggunaan software ini dapat membantu peneliti dalam mengatur berbagai data yang tidak terstruktur dan sangat bervariasi. Banyak fitur yang ditawarkan oleh software ini, di antaranya peneliti dapat mendengarkan rekaman sekaligus melakukan transkrip; koding data secara manual atau otomatis; menentukan tema dan subtema berdasarkan data; memberi keterangan data demografis partisipan; analisis isi teks; membuat analisis hubungan; mengetahui kata-kata utama dalam data; mempresentasikan hasil analisis data dalam bentuk grafik, diagram pohon, diagram perbandingan tema; memasukkan referensi, catatan lapangan, serta anotasi bibliografi. Hal terpenting lagi adalah kemampuannya mengukur reliabilitas penelitian menggunakan persentase kesepakatan dan koefisien Kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subyek mampu memecahkan masalah matematika pada konsep pythagoras dengan tepat. Terdapat perbedaan cara setiap subyek dalam menyelesaikan masalah, tetapi perbedaan tersebut tidak berpengaruh terhadap solusi yang ditemukan karena ketiga subyek memiliki kesamaan konsep pada tahap pemahaman masalah. Proses berpikir dalam pemecahan masalah matematika dari ketiga siswa berkemampuan tinggi meliputi proses asimilasi dan akomodasi. Proses berpikir asimilasi dilakukan ketika subyek memahami masalah dan meyakini kebenaran hasil yang didapatkan dengan melihat kembali langkah-langkah pemecahan masalah. Sedangkan pada proses akomodasi dilakukan ketika subyek mampu membuat rencana pemecahan masalah secara komprehensif dan melaksanakan rencana tersebut dengan menguraikan permasalahan secara lengkap. Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Polya, Pythagoras, QSR NVivo.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Farras Alda Havana
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:02
Last Modified: 22 Jan 2018 07:02
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item