Alfiah, Alfiah and Sulanjari, Bambang MENELISIK TINGKAT LITERASI BAHASA JAWA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). artikel.
Text
LAMPUNG FIX.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan literasi siswa merupakan langkah awal dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran. Sebaliknya, salah satu indikator keberhasilan pembelajaran ditandai dengan semakin baiknya tingkat literasi siswa. Semakin baik tingkat literasi siswa semakin baik pula tingkat daya serap siswa terhadap informasi yang diperolehnya dalam proses pembelajaran. Sejalan dengan upaya peningkatan keterampilan berbahasa Jawa siswa secara lisan dan tulis, maka budaya literasi bahasa Jawa sangat perlu ditingkatkan dengan harapan mampu memberikan solusi yang terbaik dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Empat aspek yang merupakan indikator tingkat literasi bahasa Jawa adalah aspek pemahaman unggah-ungguh bahasa Jawa, aspek pemahaman kosa kata sukar, aspek pemahaman ejaan, dan aspek pemahaman isi bacaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, tingkat literasi bahasa Jawa siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih relatif rendah. Kata kunci: tingkat literasi, bahasa Jawa, siswa SMP
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 03:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 04:39 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/18 |
Actions (login required)
View Item |