PENANGGULANGAN BANJIR BANJIR SISI AIRSIDE BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Miftakhul Janah, Miftakhul Janah and Muhammad Tantowi Jauhari, Muhammad Tantowi Jauhari and Ikhwanudin, Ikhwanudin and Mohammad Debby Rizani, Mohammad Debby Rizani (2022) PENANGGULANGAN BANJIR BANJIR SISI AIRSIDE BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS, 3 (2). ISSN 2716-4969

[img] Text
16 Miftakhul Janah- Muh.Tantowi.J_Drainase Bandara A Yani.pdf

Download (658kB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/jtsgu

Abstract

Semarang merupakan salah satu kota yang sering terjadi bencana banjir akibat cuaca hujan yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan runway bandara Ahmad Yani tergenang air setinggi kurang lebih 50 cm disekitar sisi airside yang dapat mengganggu operasional penerbangan. Maka dari itu perlu adanya suatu kegiatan penanggulangan banjir untuk dapat meminimalisir keadaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor akibat terjadinya banjir di sisi airside bandara Ahmad Yani dan mengetahui rancangan sistem drainase jangka pendek dan jangka panjang. Dalam perhitungan debit banjir rencana (R24) menggunakan data seperti curah hujan, data pengukuran saluran, dan kondisi saluran tersebut. Berdasarkan data tersebut peneliti akan menghitung hujan rencana kala ulang Q2, Q5, Q10, Q25, Q50, dan Q100 tahun. Untuk menghitung data tersebut kami mengunakan Distribusi Normal, Distribusi Log Normal, Distribusi Log Pearson III, dan Distribusi Gumbel. Kemudian dari perhitungan tersebut dipilih analisa metode Distribusi Gumbel karena lebih mendekati. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan metode Rasional maka diperoleh nilai debit banjir puncak (QP) dikala Q2 semua saluran mampu menampung debit banjir rencana, Q5 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q10 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q25 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q50 terdapat 2 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2 dan S1B-P7, Q100 terdapat 2 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2 dan S1B-P7. Untuk rancangan sistem drainase jangka pendek penanggulanagan banjir meliputi: perbaikan saluran yang rusak, peningkatan pondasi pagar BRC sisi barat, perbaikan jalan akses stasiun pompa, peningkatan tanggul airside, dan operasional pompa. Pada rancangan sistem drainase jangka panjang penanggulangan banjir dilakukan penambahan dimensi saluran drainase di pada sisi airside karena terdapat 2 (dua) saluran yang tidak memampu menampung debit rencana pada kala ulang 50 tahun (Q50) dengan penambahan dimensi di saluran DU1-P2 b = 3,5 h = 0,5 dan S1B-P7 b= 2,7 h = 0,9.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:25
Last Modified: 14 Apr 2023 03:25
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item