ANALISA KARAKTERISTIK PARKIR DAN PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA LALULINTAS (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Kartini Kota Salatiga)

Avita Zulvia, Avita Zulvia and Mohammad Debby Rizani, Mohammad Debby Rizani and Putri Anggi Permata Suwandi, Putri Anggi Permata Suwandi (2022) ANALISA KARAKTERISTIK PARKIR DAN PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA LALULINTAS (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Kartini Kota Salatiga). Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS, 3 (2). ISSN 2716-4969

[img] Text
9 AVITA_ANALISA KARAKTERISTIK PARKIR DAN PENGARUH ON STREET PARKING TERHADAP KINERJA LALULINTAS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/jtsgu

Abstract

Ruang yang tersedia untuk memarkir kendaraan pada tepi jalan di kawasan pusat kota dan sepanjang jalan raya utama yang dilakukan dengan tetap ada pembatasan dan pengendalian serta pengaturan atau sering disebut on street parking (Clarkson Grg Lesby dan Bary Hicks, 1988). Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kinerja lalu lintas yang kurang optimal disebabkan oleh adanya on street parking pada jalur sepeda di Jalan Kartini Kota Salatiga. Dalam mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya analisis tentang karakteristik parkir dan pengaruh on street parking disepanjang ruas Jalan Kartini Kota Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan peneliti, dan dokumen pendudukung lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa karateristik parkir dan pengaruh on street parking terhadap kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Kartini Kota Salatiga untuk durasi parkir tergolong Kategori I dan high turnover yang berarti durasi pendek, pada umumnya kendaraan parkir kurang dari satu jam dengan durasi parkir pendek yang pada umumnya untuk parkir di pusat perbelanjaan, dengan kapasitas jalan 2489,22 smp/jam, kecepatan arus bebas kendaraan 37,665 km/jam serta tingkat pelayanan tergolong kategori Level Of Service (LOS) B (0,20-0,44) dengan karakteristik arus stabil, kecepatan sedikit terbatas oleh lalu lintas, pengemudi masih dapat bebas dalam memilih kecepatannya.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:12
Last Modified: 14 Apr 2023 03:12
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item