PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 GURU KELAS IV KOTA SEMARANG

Cahyadi, Fajar (2014) PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 GURU KELAS IV KOTA SEMARANG. Malih Peddas, 4 (2). ISSN 25806531

[img] Text
Fajar_S5-09_MALIH PEDDAS_Penilaian Autentik.pdf

Download (47kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S5-09_MALIH PEDDAS_Penilaian Autentik.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 menyebabkan perubahan dalam sistem penilaian. Dengan perubahan sistem penilaian, guru harus mampu beradaptasi dan mengembangkan penilaian yang tepat dengan kurikulum telah berubah. Dalam kurikulum 2013 ini menggunakan sistem penilaian otentik yang dapat menilai kompetensi dari tiga domain, yaitu domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Masalah terungkap dalam penelitian ini apakah instrumen penilaian otentik dalam mata pelajaran matematika yang telah disiapkan oleh guru sesuai dengan karakteristik kurikulum tahun 2013? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian instrumen penilaian otentik dalam mata pelajaran matematika yang telah dikembangkan oleh para guru dengan karakteristik penilaian kurikulum 2013, ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar di Hyderabad yang telah diterapkan dalam proses belajar kurikulum 2013 secara radikal, sebesar 12 sekolah dasar. Sampel yang diambil adalah 5 sekolah dasar di Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui analisis instrumen penelitian dan kartu data teks wawancara. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian otentik dalam matematika ini diselenggarakan oleh guru kelas empat dari lima sekolah dasar di Semarang 85.2% sesuai dengan karakteristik penilaian kurikulum tahun 2013, di mana penilaian instrumen penilaian autentik meliputi kerajaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu membuat instrumen penilaian autentik berdasarkan karakteristik dari kurikulum 2013.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:08
Last Modified: 14 Apr 2023 03:08
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1543

Actions (login required)

View Item View Item