PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V

Cahyadi, Fajar (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V. Jurnal Sinektik, 1 (2). ISSN 2620-746X

[img] Text
Fajar_S5-07_JURNAL SINEKTIK_Pengaruh Model Pembelajaran.pdf

Download (194kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S5-07_JURNAL SINEKTIK_Pengaruh Model Pembelajaran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design, dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata nilai pretest yaitu 63,95 dan meningkat pada nilai posttest dengan rata-rata 76,84. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (10,013> 2,02) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:53
Last Modified: 14 Apr 2023 02:53
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item