Cahyadi, Fajar (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MATERI PENGUKURAN WAKTU SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 02 SEMARANG. Jurnal Sinektik, 4 (1). ISSN 2620-746X
Text
Fajar_S5-06_JURNAL SINEKTIK_Analisis Kesulitan Belajar.pdf Download (262kB) |
|
Text
TurnitinS_Fajar_S5-06_JURNAL SINEKTIK_Analisis Kesulitan Belajar.pdf Download (2MB) |
Abstract
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Pengukuran Waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas III SD Negeri Wetan 02 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa soal, wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (a) Kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu termasuk : kesulitan dalam menentukan satuan waktu, keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memahami konsep pengukuran waktu. (b) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi pengukuran waktu yaitu faktor internal meliputi sikap siswa, kesehatan tubuh, dan motivasi bealajar matematika. Sedangkan faktor eksternal meliputi variasi mengajar, penggunaan media dan sarana prasarana.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:47 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:47 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1521 |
Actions (login required)
View Item |