Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V Sd Negeri Sowankidul Jepara

Cahyadi, Fajar (2022) Analisis Pemecahan Masalah Soal Numerasi Akm Pecahan Kelas V Sd Negeri Sowankidul Jepara. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6). ISSN 2685-936X

[img] Text
Fajar_S5-04_Jurnal Pendidikan dan Konseling_Analisis Pemecahan Masalah.pdf

Download (686kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S5-04_Jurnal Pendidikan dan Konseling_Analisis Pemecahan Masalah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi yang dialami peserta didik kelas V SD Negeri Sowankidul Kabupaten Jepara dalam memecahkan masalah soal cerita AKM numerasi materi penjumlahan dan pengurangan operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, karena riset yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Intrumen penelitian ini menggunakan observasi, tes soal, wawancara dan angket. Uji keabsahan Data peneliti menggunakan triangulasi teknik pengecekan data dilakukan dengan cara mengecek data sumber kepada sumber data. Hasil penelitian siswa yang berjumlah 25 siswa paling tertinggi terdapat pada melihat (mengecek) jawaban. Sedangkan kesalahan siswa terendah terdapat pada memahami masalah. Hasil kesalahan siswa menunjukkan sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal, melakukan perhitungan, gaya belajar guru diterapkan, kurangnya respon siswa. Kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan sebaiknya guru lebih memperhatikan kesulitan yang dialami siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan belajar tidak ketinggalan dengan temannya yang memahami materi pelajaran, memperhatikan gaya mengajar yang lebih baik, seperti menggunakan media. Untuk siswa dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah matematika ini lebih teliti (mengecek) jawabannya agar tidak mengalami kesalahan. Memperharikan guru ketika menjelaskan materi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:29
Last Modified: 14 Apr 2023 02:31
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item