Cahyadi, Fajar (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI CEPAGAN 01 BATANG. JS (Jurnal Sekolah), 4 (3). ISSN 2549-127X
Text
Fajar_S5-03_JS_Analisis Kesulitan Belajar.pdf Download (361kB) |
|
Text
TurnitinS_Fajar_S5-03_JS_Analisis Kesulitan Belajar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Negeri Cepagan 01 Batang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika, mendeskripsikan kesulitan belajar dalam pemecahan masalah matematika, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling tertinggi terdapat pada melihat (mengecek) kembali jawaban. Sedangkan kesalahan siswa terendah terdapat pada memahami masalah. Dari hasil persentase kesalahan siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, melakukan penghitungan matematika, gaya belajar guru yang diterapkan, dan kurangnya respon respon siswa. Selain itu, kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:23 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:23 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1494 |
Actions (login required)
View Item |