Khoiri, Nur and Huda, Choirul and Susilawati, (2017) DESKRIPSI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA. -.
|
Text
Laporan Reguler_Nur Khoiri dkk_2017.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perangkat pembelajaran fisika bermuatan TPACK pada calon guru fisika. Tujuan lainnya yaitu untuk mendapatkan keterkaitan unsur pengetahuan konten, pengetahuan pedagogi dan pengetahuan teknologi pada RPP, bahan ajar, media pembelajaran dan alat evaluasi yang dikembangkan. Target khusus yang diharapkan adalah agar perangkat pembelajaran yang disusun oleh calon guru fisika berkualitas secara konten, terdapat unsur pedagogi dan terintegrasi dengan teknologi. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan analisis terhadap perangkat pembelajaran fisika dan implementasinya pada calon guru fisika. Ujicoba dilakukan pada mahasiswa calon guru fisika semester 6 pada mata kuliah magang 2 berjumlah 23 mahasiswa. Penelitian ini berdasarkan Renstra LPPM UPGRIS tahun 2015 sampai dengan 2019 terdapat topik penelitian unggulan perguruan tinggi yaitu sumber daya manusia unggul dan berjatidiri. Hasil penelitian yang dihasilkan pada penelitian ini adalah hasil analisis perangkat pembelajaran fisika bermuatan TPACK beserta implementasinya. Deskripsi pengetahuan pedagogi mahasiswa termasuk kategori baik. Deskripsi pengetahuan konten mahasiswa termasuk kategori cukup baik. Deskripsi pengetahuan pedagogi mahasiswa termasuk kategori kurang baik. Analisis TPACK berdasarkan keterkaitan kemampuan pedagogi dan konten yang dikuasai mahasiswa termasuk cukup baik dan keterkaitan hubungan antara kemampuan pedagogi dan teknologi termasuk kategori kurang baik. Keterkaitan antara kemampuan menguasai konten dan teknologi termasuk kategori cukup baik. Hasil analisis TPACK mahasiswa calon guru fisika termasuk kategori cukup baik. Kata kunci: analisis, TPACK, calon guru fisika
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | renie renie renie |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 03:16 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 03:16 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |