KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA KUPHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Cahyadi, Fajar (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU MEDIA KUPHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3 (3). ISSN 2615-7330

[img] Text
Fajar_S2-02_Journal for Lesson and Learning Studies_KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL.pdf

Download (141kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S2-02_Journal for Lesson and Learning Studies_KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang kurang menarik minat belajar dan perhatian siswa menyebabkan timbulnya beberapa hal diantaranya, peserta didik umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kemandirian belajar peserta didik masih kurang mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 35 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis uji t di peroleh t hitung > t tabel yaitu 9,100 > 1,690. Jadi, Model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan dapat meningkatkan dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:39
Last Modified: 13 Apr 2023 04:39
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item