Wibowo, Setyoningsih PENERAPAN NEURAL NETWORK UNTUK PREDIKSI CHURN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI. Journal Of Intelligent System and Business Intelligence.
|
Text
Doc_NN Telekomunikasi.pdf Download (729kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industry telekomunikasi saat ini sangat berkembang pesat. Perkembangan ini menjadikan semakin banyak jumlah industri telekomunikasi baik penyedia layanan GSM (Global System Mobile) maupun CDMA (Code Devision Multiple Access). Tiap perusahaan berlomba-lomba untuk menarik pelanggannya dengan berbagai macam cara misalnya dengan paket layanan hemat, tersedianya konten-konten menarik sampai dengan persaingan harga. Dalam sebuah perusahaan telekomunikasi terutama perusahaan telekomunikasi seluler, bahwa asset perusahaan yang paling bernilai adalah existing customer atau pelanggan setia yang mereka miliki. Dari permasalahan diatas maka muncullah suatu fenomena terjadinya churn. Churn adalah berpindahnya pelanggan dari satu provider ke provider yang lain. Terjadinya churn ini harus diwaspadai oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi karena hal inilah yang menyebabkan menurunnya penghasilan. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar sudah memikirkan strategi bagaimana mengurangi churn pelanggannya, salah satunya dengan pendekatan data mining yaitu untuk memprediksi pelanggan yang akan churn. Dalam penelitian ini, mengusulkan penerapan neural network yang bertujuan untuk mengetahui tingkat akurasi dari prediksi ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Setyo Ningsih Wibowo |
Date Deposited: | 05 Nov 2017 04:58 |
Last Modified: | 05 Nov 2017 04:58 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/141 |
Actions (login required)
View Item |