Agus Mukhtar, Agus (2017) Desain dan Simulasi Frame dan Bodi Kendaraan Konsep Urban Menggunakan Software CAD. ROTASI, 19 (3). pp. 156-164. ISSN 2406-9620
Text
Frame dan Bodi Kendaraan turnitin.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mobil urban adalah mobil yang mesin dan dimensinya didesain untuk jalan raya di kota besar karena jalanan di kota besar karena biasanya padat dan macet. Mobil mungil ini bisa dipakai untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) karena memang konsumsinya tidak sebesar mobil jenis lain [1]. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari mobil urban adalah segi kekuatan dari rangka/frame yang menerima beban oleh beberapa komponen diantaranya, pengemudi, mesin penggerak, body dan baterai. Simulasi beban statik casis dan simulasi aerodinamis dari bodi kendaraan dilakukan dengan menggunakan software Solidworks yang dilakukan pada rangka dengan dari baja kontruksi jenis Al 6061 dan body fiber. Hasil analisis dan simulasi, displacement maksimal beban bodi pada casis sebesar 3,77 mm dan von Mises Stresses beban bodi pada casis sebesar 2,17 N/mm2. Displacement maksimal beban penumpang pada casis sebesar 4,42 mm dan von Mises Stresses beban bodi pada casis sebesar 0,32 N/mm2. Flow simulation pada kecepatan angin 11.12 m/s diperoleh gambar tekanan, dimana terdapat tekanan yang tinggi pada bagian ujung depan bodi dengan nilai tekanan maksimal yang terdapat pada color bar adalah sebesar 101.561,12 Pa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Mesin |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 02:41 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 02:41 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1320 |
Actions (login required)
View Item |