PENGEMBANGAN MATIKLOPEDIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI TINJAU KEPRAKTISANNYA

Sutrisno, . and Endahwuri, Dhian and Buchori, Achmad PENGEMBANGAN MATIKLOPEDIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI TINJAU KEPRAKTISANNYA. jurnal paradikma.

[img]
Preview
Text
artikel jurnal paradikma_Sutrisno dan achmad buchori_UPGRISMG.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pendidikan sebagai sarana efektif untuk menanamkan nilai dan sikap anti kekerasan, anti narkoba, anti KKN sejak dini terutama usia anak 7-11 tahun setingkat SMP karena mereka cikal bakal kemajuan bangsa ini , di kalangan peserta didik sangat dibutuhkan media yang mampu meningkatkan karakter baik siswa, salah satunya dengan menggunakan media Matiklopedia, karena dapat memotivasi siswa untuk lebih memahami suatu masalah yang diajukan dan dapat menimbulkan imajinasi dan mempersiapkan stimulus berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan karakter melalui media Matiklopedia bagi siswa SMP sehingga menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak digunakan selama proses belajar mengajar berlangsung yang dilihat berdasarkan kriteria praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development oleh Borg and Gall dengan 10 tahapan, pada tahun pertama dilaksanakan tahap 1-6 yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk selanjutnya pada tahun kedua dilaksanakan tahap 7-10 yaitu (7) Revisi desain (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi Produk, (10) Produksi masal. Kriteria kepraktisan ditunjukkan dengan hasil angket yang diisi oleh guru negeri dan swasta adalah sebagai berikut: (1) Guru di Kabupaten Grobogan untuk aspek media sebesar 95% dan 95%, aspek materi sebesar 100% dan 100%, aspek bahasa 88% dan 88%, Aspek ragam soal sebesar 88% dan 75% serta aspek desain media sebesar 95% dan 95% (2) Guru di Kabupaten Demak untuk aspek media sebesar 100% dan 85%, aspek materi sebesar 83% dan 100%, aspek bahasa 88% dan 88%, Aspek ragam soal sebesar 88% dan 75%, serta aspek desain media sebesar 95% dan 85% (3) Guru di Kabupaten Kendal untuk aspek media sebesar 85% dan 95%, aspek materi sebesar 100% dan 83%, aspek bahasa 88% dan 100%, aspek ragam soal sebesar 100% dan 100%, serta aspek desain media sebesar 85% dan 85% (4) Guru di Kabupaten Semarang untuk aspek media sebesar 95% dan 90%, aspek materi sebesar 100% dan 92%, aspek bahasa 88% dan 100%, Aspek ragam soal sebesar 100% dan 100%, serta aspek desain media sebesar 95% dan 90% (5) Guru di Kabupaten Salatiga untuk aspek media sebesar 90% dan 85%, aspek materi sebesar 100% dan 92%, aspek bahasa 88% dan 88%, Aspek ragam soal sebesar 100% dan 100%, serta aspek desain media sebesar 95% dan 90%. Kata Kunci: Matiklopedia, Pendidikan Karakter, Matematika SMP

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Jul 2017 08:20
Last Modified: 07 Jul 2017 08:20
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item