MODEL PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN KERJASAMA

Setiyawan, - (2017) MODEL PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN KERJASAMA. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional Keindonesiaan II.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Gerak sangat membantu anak usia dini untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Anak usia dini yang aktif dalam melakukan gerak akan mampu mengetahui kemampuan tubuhnya secara optimal. Melalui gerak anak usia dini dapat mengeksplorasi lingkungannya sehingga anak usia dini dapat mempelajari lingkungannya secara baik. Usia dini merupakan usia emas (golden age) bagi perkembangan anak. Pada usia ini terjadi perkembangan yang bersifat fundamental dalam diri anak. Anak usia dini mengalami perkembangan yang sangat pesat baik kognitif, fisik dan motorik, dan sosial emosional. Bermain adalah suatu aktivitas yang khas dilakukan anak dengan menggunakan atau tanpa menggunakan alat, untuk membina, dan mengembangkan potensinya pada peran sosial baru, usaha memberikan tugas yang menantang, dan menyelesaikan masalah kompleks yang mungkin dapat (tidak dapat) anak lakukan. Aktivitas jasmani yang berupa permainan pada dilakukan dengan metode learning by doing/praktek langsung, bercerita, bernyanyi, tanya jawab, dan demonstrasi/mencontohkan. Metode praktek ini tentu membuat anak lebih aktif dan mampu berinteraksi dengan lingkungan. Beberapa metode permainan yang dikembangkan bisa memberikan efek positif untuk menanamkan dan mengembangkan potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, bahasa, kognitif motorik, kemandirian, dan seni yang dipersiapkan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Salah satu yang harus diajarkan kepada anak usia dini adalah tentang disiplin dan kerjasama. Anak usia dini harus diajarkan bagaimana bekerjasama dalam aktivitasnya, hal ini akan membuat anak bisa berinteraksi, berkomunikasi, serta pandai bersikap terhadap lingkungannya. Salah satu cara untuk melatih kerjasama adalah dengan pengembangan model permainan untuk melatih kerjasama dalam bentuk berkelompok yang mengharuskan anak berinteraksi dengan lingkungan tanpa merasa dipaksa. Kata kunci: permainan, karakter, kerjasama

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:29
Last Modified: 09 Feb 2018 07:29
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item