PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SMP MELALUI TEACHING CLINIC

Muhdi, - and Murniati, Ngurah Ayu Nyoman and Handayani, Arri (2017) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN DIRI DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU SMP MELALUI TEACHING CLINIC. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
[2014]_ngurahayunyomanmurniati__ laporan akhir penelitian fundamental Dr. Muhdi, Ng. Ayu, Arri H.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas tenaga pendidikan di jenjang pendidikan dasar diperlukan peningkatan mutu dan pengelolaan kemampuan tenaga pendidikan, serta penciptaan kondisi lingkungan yang mampu meningkatkan motivasi, inovasi dan kreativitas tenaga pendidikan. Guru sebagai tenaga pendidikan harus mampu mengelola diri dan profesinya dengan baik dalam lingkungan yang kondusif. Pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan dapat dilakukan melalui Teaching Clinic. Dalam hal ini dibutuhkan kesadaran diri guru yang tinggi untuk selalu mengembangkan profesinya tersebut. Manajemen diri dalam pengembangan profesi sangat diperlukan Pengembangan potensi harus dirasakan oleh semua guru tidak memandang kualifikasi pendidikan, jenis mata pelajaran maupun jenjang pendidikan. Model pengembangan diri dikembangkan pada Teaching Clinic dibangun atas dasar permasalahan pengembangan potensi diri guru. Penelitian ini menitikberatkan pada pengembangan model manajemen diri dalam pembinaan profesionalisme guru SMP melalui Teaching Clinic. Tujuan khusus yang akan dicapai mendeskripsikan pengembangan model manajemen diri guru SMP di kota Semarang melalui Teaching Clinic. Penelitian ini menggunakan desain R&D. Subjek penelitian adalah guru SMP di kota Semarang untuk 6 mata pelajaran yang dipilih yaitu IPA, matematika, PKn, IPS, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kebutuhan pengembangan guru sangat tinggi. Terutama pada guru mata pelajaran terpadu seperti IPA dan IPS. Model dibangun dari kebutuhan pengembangan diri guru pada penguasaan diri, motivasi diri, pengelolaan diri, materi dan emosi. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa model manajemen diri yang dihasilkan layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli 84% dan validasi praktisi 82,75%. Kata kunci : Manajemen diri, Guru SMP, Teaching Clinic

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Rilian Afta Marsti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:27
Last Modified: 09 Feb 2018 07:27
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item