PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PEMBERDAYAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Setyawan, Danang Aji (2017) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PEMBERDAYAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Seminar Nasional Olahraga 2016 Program S3 Pendidikan Olahraga Pascasarjana UNJ. pp. 1-21. ISSN -

[img]
Preview
Text
Peningkatan Mutu Pendidikan Jasmani Melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan - Danang Aji Setyawan.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan yang dilakukan di dalam maupun di luar sekolah yang berlangsung seumur hidup. Pendidikan Jasmani sebagai bagian dari pendidikan nasional memiliki tujuan yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut hendaknya pendidik memperhatikan mutu proses pembelajaran. Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan jasmani hendaknya dilakukan dengan sangat baik agar menghasilkan output yang bermutu. Pendidikan dikatakan bermutu apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar. Begitu juga dengan hasil yang didapat memuaskan. Proses belajar dapat berjalan dengan lancar apabila guru dan murid dapat berkomunikasi dengan baik, memiliki lingkungan kerja yang nyaman, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses Pembelajaran yang bermutu dicapai dengan memanfaatkan teknologi, karena teknologi memiliki peranan penting di era globalisasi. Beberapa hal yang dapat dimanfaatkan melalui teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran penjas adalah: CD Pembelajaran, film yang berkaitan dengan olahraga, video recorder, internet dll. Dalam rangka mengantisipasi tantangan yang dihadapi pada masa depan dan memperhatikan permasalahan yang dihadapi masa kini, maka perlu dilakukan upaya pengembangan guru pendidikan jasmani seperti : meningkatkan ketrampilan dari pengajar pendidikan jasmani, membuat sistem Pendidikan Guru yang lebih fleksibel yang mampu menghadapi tantangan pasang surutnya kebutuhan akan guru pendidikan jasmani, meningkatkan peranan swasta dan partisipasi masyarakat perlu juga ditingkatkan untuk membantu upaya pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan, pemerataan kebutuhan guru pendidikan jasmani, merancang program pendidikan guru pendidikan jasmani yang dapat menghasilkan guru pendidikan jasmani yang profesional yang dapat menjadi tutor pada terbuka. Kata Kunci: Pendidikan Jasmani, Mutu Pendidikan, Teknologi Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Usis Prasetyo Aryanabih
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:25
Last Modified: 09 Feb 2018 07:25
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item View Item