PENERAPAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN ATTITUDE OF RESPECT SISWA SMK KOTA SEMARANG

Siti, Fitriana and Suhendri, . and MA. Primaningrum, Dian M and Wiwik, Kusdaryani PENERAPAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN ATTITUDE OF RESPECT SISWA SMK KOTA SEMARANG. LAPORAN PENELITIAN REGULER.

[img] Text
Laporan Akhir. FINAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan tentang nilai adalah proses menanamkan karakter tertentu dan sekaligus memberikan benih kepada siswa agar mampu menumbuhkan karakter khasnya pada saat menjalankan kehidupan. Nilai-nilai karakter yang dimaksudkan adalah attitude of respect, empati, tanggung jawab, resiliensi, efikasi diri dan attitude of respect memiliki tujuan untuk menciptakan kebudayaan moral dan memperkuat nilai-nilai positif yang dimiliki siswa agar dapat menjadi karakter yang baik. Akan tetapi sampai saat ini masih banyak dijumpai permasalahan terkait nilai-nilai moral yang terjadi di sekolah-sekolah dan permasalahan tersebut banyak dialami oleh siswa di SMK. Tujuan penelitian untuk mengembangkan attitude of respect siswa melalui penerapan konseling kelompok. Metode penelitian ini menggunakan true eksperimen design berupa pretestposttest control group design, variabel penelitian attitude of respect dan konseling kelompok, instrumen penelitian mengunakan skala psikologis tentang attitude of respect, sampel penelitian yaotu kelas X sejumlah 20 (10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol), sampel ditentukan berdasarkan hasil pretest pada ketegori rendah, analisis data mengunakan analisis inferensial t-test. Berdasarkan hasil analisis statistik maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat mengembangkan attitude of respect siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 30 Sep 2020 05:31
Last Modified: 30 Sep 2020 05:31
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item