PENGEMBANGAN MODEL SISTEM PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG

Asrofah, Asrofah and Nugrahani, Dyah and Alfiah, Alfiah (2012) PENGEMBANGAN MODEL SISTEM PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG. In: SEMINAR HASIL-HASIL PENELITIAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2012, IKIP PGRI Semarang. (In Press)

[img] Text
Pengembangan Model Sistem Penilaian Berbasis Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri di Kota Semarang.pdf

Download (5MB)

Abstract

The study is aimed at describing and explaining 1) the teachers' preparation in implementing the classroom-based assessment, 2) the implementation of classroom-based assessment in teaching learning, and 3) the management of learning achievement of Indonesian subject. The research is done by taking some steps, they are collecting, sellecting, presenting, and summarizing the data. The last step is arranging the statements or conclusion. It is a descriptive qualitative. The Indonesia Language teachers take assessment regularly. The integrated preparation is managed in syllaby and lesson plan. In relation with the development of classroom-based assessment, the preparation has not done well. It is reasonable as generally the teachers are not able to map the standard and basic competence, and the indicator. That is why they can not determine the assessment technique. Besides they do not have ability yet to develop the assessment instrument completely. It is known that they are not able to determine the technique and type of assessment, arrange the test and its key answer, make the rubric. It is found that the implementation has not appropriated with the procedure they make. The assessment has not integrated with teaching learning process. It is dominated with a written test, is not documented well. Mostly the assessment is done only to get the students' achievement in a particular subject. Keywords: classroom-based assessment. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) persiapan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas, 2) pelaksanaan penilaian berbasis kelas dalam belajar mengajar, dan 3) pengelolaan prestasi subjek belajar bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan dengan mengambil beberapa langkah, mereka mengumpulkan, sellecting, menyajikan, dan meringkasdata. Langkah terakhiradalah menyusun pernyataan atau kesimpulan. Ini adalah deskriptif kualitatif. Para guru Bahasa Indonesia mengambil penilaian secara teratur.Persiapan terpadu dikelola syllaby dan rencana pelajaran. Sehubungan dengan perkembangan penilaian berbasis kelas, persiapan belum dilakukan dengan baik. Hal ini wajar karena umumnya para guru tidak dapat memetakan standar kompetensi dan dasar, dan indikator. Itulah sebabnya mereka tidak bisa menentukan teknik penilaian. Selain mereka tidak memiliki kemampuan belum mengembangkan instrumen penilaian sepenuhnya. Hal ini diketahui bahwa mereka tidak dapat menentukan teknik dan jenis penilaian, mengatur pengujian dan kunci jawabannya, membuat rubrik. Hal ini ditemukan bahwa implementasi belum disesuaikan dengan prosedur yang mereka buat.Penilaian belum terintegrasi dengan proses belajar mengajar. Hal ini didominasi dengan tes tertulis, tidak didokumentasikan dengan baik. Sebagian penilaian dilakukanhanya untuk mendapatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran tertentu. Kata kunci: penilaian, berbasis kelas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:44
Last Modified: 12 Aug 2020 06:44
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item