Dian Ayu, Zahraini (2018) Antisipasi Pencegahan Bullying Sedini Mungkin: Program Anti Bullying Terintegrasi untuk Anak Usia Dini. UNISNU.
Text
peer review terakhir jurnal 2.pdf Download (994kB) |
Abstract
Abstrak Tujuan utama adalah guru dan staf PAUD dapat melaksanakan dan menerapkan program-program anti bullying sebagai pencegahan dan antisipasi di sekolah masing masing sehingga guru dan staf PAUD dapat membantuk anak usia dini untuk mengembangkan ketrampilan sosial dan dapat berinteraksi secara positif dan mengembangkan berbagai usaha yang secara efektif dapat membantu mencegah dan menghentikan munculnya bullying dalam kehidupan anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan, dan pendampingan lapangan yang terbagi dalam empat tahapan secara sistematis dan berkesinambungan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini meliputi pelatihan, ceramah, tanya jawab, dan diskusi, praktek mengajar serta lembar kerja yang merupakan output peserta dari pelatihan ini. Pada tahap implementasi, hal menarik yang ditemukan adalah guru yang masih baru yang belum memiliki pengalaman yang matang masih sering bertanya kepada guru senior dan tim pengabdi. Hasil dari kegiatan ini adalah kepuasan mitra, komitmen para guru di PAUD untuk menyiapkan RPP tentang bullying, dan menggunakan story telling dan bermain peran untuk anti bullying.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | dosen upgris semarang |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 08:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 08:00 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/590 |
Actions (login required)
View Item |