PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA YANG MEMPUNYAI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDEN (FI) PADA MATA KULIAH KALKULUS

Muhtarom, Muhtarom PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA YANG MEMPUNYAI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDEN (FI) PADA MATA KULIAH KALKULUS. Matematikan dan Pendidikan Matematika Berbasis Riset. ISSN 2337-392X

[img] Text
UNS 2012 Profil FI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan berdasarkan data tes tertulis dan data wawancara berbasis tugas. Selanjutnya dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jelas dalam menuliskan apa yang ditanyakan, dapat dengan mudah dan benar menuliskan apa yang diketahui pada masalah, dapat membuat kaitan antara hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan. Mahasiswa jelas dalam menyebutkan pengetahuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, dapat membuat rencana pemecahan masalah dengan benar yang didasarkan pada fakta-fakta yang diberikan, pengetahuan prasyarat, prosedur yang jelas. Dalam melaksanakan rencana pemecahan, mahasiswa dapat menjawab masalah dengan benar berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang telah disusun serta mampu mengevaluasi argumen yang relevan dalam memecahkan masalah. Dapat melakukan pengecekan kembali terhadap hasil pekerjaannya. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif FI, Kalkulus

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 May 2019 06:18
Last Modified: 10 May 2019 06:18
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item