MENINGKATKAN NILAI KEINDONESIAN MELALUI UPACARA BENDERA DI SEKOLAH DASAR

Prastiwi, Bertika Kusuma MENINGKATKAN NILAI KEINDONESIAN MELALUI UPACARA BENDERA DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional KeIndonesiaan I Tahun 2016.

[img]
Preview
Text
Bertika Kusuma.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari artikel ini untuk menginformasikan kepada guru sekolah dasar terutama guru Penjasorkes mengenai tata upacara bendera untuk meningkatkan nilai keindonesiaan dalam penyelenggaraan upacara bendera. Upacara bendera merupakan serangkaian kegiatan yang diatur dalam peraturan yang wajib dilaksanakan secara khidmat untuk membentuk suatu kebiasaan dan budi pekerti yang baik. Pelaksanaan upacara bendera disekolah kebanyakan belum khitmad, siswa belum mengerti makna dari upacara bendera. Tata upacara bendera dan dasar baris-berbaris sangat penting untuk memperlancar jalannya upacara bendera sehingga penanaman nilai keindonesiaan kepada siswa tercapai. Tata upacara bendera dan dasar barisberbaris dapat ditanamkan melalui pembelajaran Penjasorkes, dilakukan sebelum, saat dan setelah pembelajaran berlangsung. Penjasorkes merupakan pembelajaran yang sebagian besar dilakukan dengan praktek, maka materi baris-berbaris dapat disisipkan dalam pembelajaran. Nilai keindonesiaan sangat penting untuk penanaman karakter kepada siswa sekolah dasar, utamanya saat siswa mengikuti upacara bendera. Kekhidmatan upacara bendera mencerminkan bangsa yang memiliki karakter utamanya peserta upacara. Maka dari itu artikel ini ditujukan kepada seluruh guru sekolah dasar dan utamanya guru Penjasorkes untuk mengkolaborasikan pembelajaran Penjasorkes dengan dasar baris-berbaris agar upacara bendera terlaksana dengan khidmat. Kata Kunci: nilai Keindonesian, upacara bendera, sekolah dasar, Penjasorkes.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 25 Sep 2017 08:08
Last Modified: 25 Sep 2017 08:08
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item