Model Penanaman karakter Islami Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang: Sebuah Pengamatan Singkat

Larasati, Larasati (2018) Model Penanaman karakter Islami Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang: Sebuah Pengamatan Singkat. Prosiding Seminar Nasional Pibsi 2018, -. ISSN -

[img] Text
Prosiding Semnas Pibsi 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penanaman nilai-nilai karakter merupakan hal penting yang harus ditanamkan pada siswa dari jenjang sekolah rendah hingga perguruan tinggi. Religius adalah salah satu unsur utama dalam pendidikan karakter. SDIT Bina Amal adalah salah satu sekolah dasar yang telah lama mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam pada diri siswa. Tulisan ini mengungkap pengimplementasian nilai-nilai karakter Islam yang ditanamkan pada siswa di SDIT Bina Amal. Data diambil berdasarkan pengamatan, wawancara, dan penelaahan dokumen. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa model penanaman karakter beragama pada siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Amal Semarang meliputi dua ruang, yakni ruang dalam sekolah dan ruang luar sekolah. Di dalam sekolah, model yang diterapkan meliputi; (1) Pembiasaan adab harian di sekolah, (2) pembiaaan berpakaian Islam syar’I baik siswa maupun guru, (3) pembiasaan pelafalan kalam Islami sebelum pelajaran, (4) Pembiasaan pergaulan Islami, (5) Menempatkan pelajaran Quran sebelum matapelajaran umum, (6) program salat berjamaah, (7) program makan siang bersama, dan (8) peka ananda. Adapun model penanaman karakter pada ruang luar sekolah, dilakukan dengan cara; (1) pengadaan parenting dan co parenting bagi orang tua siswa, (2) pemberian tugas terstruktur, (3) pengadaan buku penghubung. Kata kunci: karakter islami, siswa, SDIT Bina Amal

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 21 Nov 2018 06:43
Last Modified: 21 Nov 2018 06:43
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item