KESALAHAN PENERAPAN KAIDAH DAN PENULISAN BAHASA INDONESIA DALAM KARYA TULIS MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA KEILMUAN DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2017/2018

Mukhlis, Mukhlis and Raden, Yusuf Sidiq Budiawan and Rawinda, Fitrotul Mualafina and Siti, Ulfiyani KESALAHAN PENERAPAN KAIDAH DAN PENULISAN BAHASA INDONESIA DALAM KARYA TULIS MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA KEILMUAN DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2017/2018. upgris.

[img] Text
FULL LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kesalahan Penerapan Kaidah dan Penulisan Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan di Universitas PGRI Semarang Tahun 2017/2018”. Sebagaimana judul tersebut, penelitian ini ditulis atas dasar sejumlah temuan berupa kesalahan berbahasa Indonesia pada taraf ejaan dan tata bahasa yang selalu berulang pada karya tulis mahasiswa Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Dengan landasan itulah, penelitian ini ditulis dengan tujuan di antaranya (1) mendeskripsikan bentukbentuk kesalahan penerapan kaidah dan penulisan bahasa Indonesia dalam karya tulis mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan di Universitas PGRI Semarang tahun 2017/2018; (2) mendeskripsikan tingkat frekuensi kesalahan penerapan kaidah dan penulisan bahasa Indonesia dalam karya tulis mahasiswa tersebut; dan (3) mendeskripsikan aspek yang melatarbelakangi kesalahan penerapan kaidah dan penulisan bahasa Indonesia dalam karya tulis mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan karya tulis sebagai data mentah dengan sumber data adalah mahasiswa Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Pemerolehan data ini kemudian dilanjutkan dengan mencatat sejumlah kesalahan dari karya tulis mahasiswa. Tahap selanjutnya, data-data yang sudah diperoleh tersebut dianalisis dengan dua langkah. Pertama, mengidentifikasi kesalahan, baik secara umum maupun khusus. Kedua, masalah berupa kesalahan berbahasa itu dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu kesalahan kaidah bahasa dan kesalahan penulisan. Dari kedua langkah tersebut kemudian dilihat frekuensi kesalahan dari masing-masing kesalahan yang dilakukan itu serta melengkapinya dengan latar belakang terjadinya sejumlah kesalahan bahasa itu. Hasil tersebut kemudian disajikan dalam bentuk pemaparan secara deskriptif sebagai tahap akhir dari penelitian ini. Paparan tersebut disajikan secara informal atau dengan menggunakan uraian kata-kata biasa penulis, baik berupa tanda atau lambang, seperti tabel dan bagan. Terdapat tiga hasil dalam penelitian ini. Pertama, kesalahan bahasa yang ditemukan ada pada tiga tataran, yaitu kesalahan pada aspek penulisan huruf, aspek penulisan dan penggunaan ejaan, aspek penulisan dan penggunaan kata, serta penulisan kalimat. Kedua, mengenai frekuensi kesalahan, kesalahan pada aspek atau tataran ejaan menunjukkan frekuensi tertinggi, di atas kesalahan kalimat. Ketiga, terdapat sejumlah faktor yang melatarbelakangi kesalahan tersebut, baik secara internal dan eksternal. Kata kunci: kesalahan berbahasa, mata kuliah bahasa Indonesia, UPGRIS

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Yudhika Manggara Putra
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:48
Last Modified: 25 Oct 2018 02:48
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item