Hubungan antara Pemahaman Nature of Science dan Science Motivation pada Siswa SMP di Kota Semarang

W., Azizul Ghofar Candra and Minarti, Ipah Budi (2018) Hubungan antara Pemahaman Nature of Science dan Science Motivation pada Siswa SMP di Kota Semarang. Universitas PGRI Semarang. (In Press)

[img] Text
Penelitian Azizul ghofar.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam konteks sains sangat diperlukan oleh siswa untuk dapat hidupdan bersaing di era global. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ialah pencapaian belajar sains pada siswa ialah pemahaman nature of science dan science motivation. Penelitian ini melibatkan 113 siswa sekolah menengah pertama di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan secara survey menggunakan tes essay untuk mengukur pemahaman NoS pada siswa dan questionaire untuk mengukur Science motivation. Data penelitian berupa data pemahaman nature of science dan science motivation selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi spearman yang dilanjutkan dengan uji regresi linear. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki skor science motivation dalam skala cukup dengan nilai 348,70. Sedangkan untuk skor pemahaman nature of science tergolong kurang dengan nilai 22,36. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak diberdayakan untuk mengembangkan science motivation dan NoS. Aspek science motivation pada riset ini menunjukkan tidak adanya korelasi dengan NoS dengan nilai sebesar 0.068 atau 6.8% dan nilai signifikansi 0,472. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan dukungan dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran melalui pemberdayaan pemahaman nature of science dan science motivation. kata kunci: korelasi, nature of science dan science motivation.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Lutfi Aulianti
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:13
Last Modified: 01 Aug 2018 03:13
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item