Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berideologi Pancasila Berbasis Konstruktivis Menggunakan ICT di SMP

Nizaruddin, Nizaruddin and Dwijayanti, Ida and ariyanto, lilik (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berideologi Pancasila Berbasis Konstruktivis Menggunakan ICT di SMP. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI PEMBELAJARAN. (In Press)

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Artikel 01.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan tentang proses menghasilkan perangkat pembelajaran matematika humanistik berideologi pencasila berbasis konstruktivis menggunakan ICT di SMP yang valid Hasil validasi dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa perangkat sudah layak digunakan meskipun ada perbaikan namun bukan mencangkup konsep. Pada kegiatan simulasi RPP, seluruh rencana kegiatan hampir terlaksana dengan baik. Hanya terdapat kendala dalam pengoprasian CD Interaktif Peserta Didik karena minimnya sosialisasi. Hasil uji keterbacaan dan validasi instrumen tes menunjukan ada beberapa kata yang perlu direvisi dan dari 8 soal yang direncanakan hanya 5 soal yang teruji valid. Untuk nilai ideologi pancasila yang mungkin muncul, baik dari ahli, guru model maupun pengamat sepakat bahwa perangkat pembelajaran matematika humanistik berideologi pancasila berbasis kontruktivis menggunakan ICT memberikan peluang yang besar bagi peserta didik untuk menumbuhkembangkan nilai tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:26
Last Modified: 02 Jul 2018 07:39
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item