PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

WIJAYA, RADITYA (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Seminar STIKIP Surya aryo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

Raditya Wijaya. NPM 13410162. “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra. Ngatmini, M.Pd. dan Pembimbing II Drs. Murywantobroto, M.Hum. Juli 2017. Kata kunci:Penerapan metode demonstrasi, menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 1 Semarang, khususnya menulis teks prosedur kompleks. melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan adanya penerapan tertentu dalam keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Metode yang diterapkan adalah metode demonstrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 20116/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis yaitu menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Selanjutnya teknik nontes berupa observasi guru dalam proses pembelajaran, observasi sikap siswa, dan wawancara. Pendekatan yag digunakan daam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang berjudul penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang mampu membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, Berdasarkan tes pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Hal ini dibuktikan dengan metode demonstrasi siswa mampu menulis teks prosedur kompleks dan nilai rata-rata pembelajaran yang diproleh yaitu 83,44 dan KKM yang diterapkan di sekolah 75. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan guru refrensi dan motivasi untuk memilih metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia agar siswa tidak merasa bosan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email bptik@upgris.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2017 03:48
Last Modified: 20 Sep 2017 03:48
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item View Item