IDEOLOGI DAN WACANA KOGNISI KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DALAM GEMA SANTRI

Nazla, Maharani Umaya (2018) IDEOLOGI DAN WACANA KOGNISI KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DALAM GEMA SANTRI. IBDA': Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 16 (2). ISSN 24775517

[img] Text
Korespondensi IBDA komplit artikel Ideologi word UPDATE_NAZLA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/ibda/art...

Abstract

Artikel ini membahas temuan ideologi dan sikap keagamaan melalui persepsi ekspresi santri pada karya sastranya sebagai bentuk wacana kognisi di pondok pesantren tradisional. Penelitian literature ini merupakan tahap lanjut hasil studi eksplorasi dan pendampingan, pengembangan potensi santri berupa antologi cerita pendek “Gema Santri”. Metode penelitian berupa studi deskriptif ekploratory literature. Tujuan penelitian adalah mengemukakan wacana ideologi dan kognisi santri pondok pesantren tradisional di Kota Semarang, berbasis riset, sebagai salah satu wilayah berdekatan dengan kota Wali. Manfaat hasil riset ini memberikan gambaran wacana pada masyarakat umum mengenai ideologi dan wacana kognisi berbasis pondok pesantren tradisional yang terbukti bersifat dinamis dan mampu berdampingan dengan arus modernisasi dalam konteks ideologi sosial dan konsep hakikat manusia sebagai mahluk sosial. Temuan, sekaligus pembuktian hipotesis riset adalah bahwa konten edukasi dan behavior dalam pondok pesantren tradisional jauh dari persepsi ideologi dan wacana kognisi fanatik, dan justru bersifat dinamis dalam menghasilkan generasi nasionalis, dinamis, dan multikultural.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:50
Last Modified: 26 Jan 2024 07:29
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item