Suyati, Tri and Rakhmawati, Ellya and Retnaningdyastuti, Sri Rejeki and Agustini, Ferina (2015) HUBUNGAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SEKOLAH PADA TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN SEKOLAH DASAR DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL – EMOSI SISWA DAN KOMUNIKASI ORANGTUA - SISWA. Universitas PGRI Semarang.
Text
LAPORAN PENELITIAN HIBAH APBU 2015.pdf Download (3MB) |
Abstract
School well-being atau sekolah sejahtera merupakan konsep idaman mengenai sekolah yang menyenangkan dan memberi kebahagiaan pada peserta didik dalam mengembangkan potensi akademik maupun non akademik dalam setting formal. Penelitian bertujuan melihat kaitan komponen dasar dalam pembentukan sekolah damai yang merupakan istilah dari konsep sekolah sejahtera, dengan mengkaji kaitan antara persepesi siswa terhadap kesejahteraan di sekolah terhadap perkembangan sosial – emosional siswa dan terhadap komunikasi guru – orangtua. Responden penelitian diambil secara acak yang terdiri dari 94 siswa dari jenjang Taman Kanak – Kanak/ PAUD dan Sekolah Dasar dan 94 orangtua siswa. Alat ukur yang disusun terdiri dari skala persepsi kesejahteraan siswa di sekolah, persepsi siswa terhadap perkembangan sosial – emosional dan skala komunikasi guru – orangtua. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai kesejahteraan di sekolah dengan kondisi emosi sosial anak dengan nilai rxy1 = 0,662 dan ada hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai kesejahteraan di sekolah dengan pola komunikasi guru – orangtua dengan nilai rxy2 = 0,690. Keywords: School Well - Being, kesejahteraan siswa, perkembangan sosial – emosional, komunikasi guru - orangtua
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Ika Lutfi Aulianti |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:51 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:51 |
URI: | http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
View Item |