Students' gestures in understanding algebraic concepts

Dwijayanti, Ida (2023) Students' gestures in understanding algebraic concepts. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12 (2). pp. 133-143.

[img] Text
4d.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis gestur siswa dalam memahami konsep aljabar (bentuk aljabar, variable, koefisien, dan konstanta). Penelitian melibatkan 59 siswa di salah satu SMP di Semarang. Data gestur siswa diidentifikasi melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan dan verifikasi simpulan. Verifikasi keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan (1) gestur langsung sebagai perwujudan pemahaman konsep koefisien dan variabel dalam bentuk gerakan tangan yang membentuk objek yang dikenali dalam lingkungan sehari-hari, (2) gestur tidak langsung sebagai representasi koefisien dan variabel dalam bentuk gerakan tangan seolah-olah membentuk objek yang dikenali dalam lingkungan sehari-hari kemudian diikuti oleh gerakan tangan yang konsisten dan berulang sebagai representasi koefisien, (3) gestur langsung yang menjadi representasi konstanta melalui gerakan tangan membentuk angka tertentu, dan (4) gestur menulis dan menunjuk untuk memperkuat penjelasan yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gestur yang dibentuk siswa dalam memahami konsep bentuk aljabar terdiri dari gestur representasi (gestur representasi langsung dan tidak langsung), gestur menunjuk, dan gestur menulis. Penelitian ini menghasilkan deskripsi penting tentang gestur dan jenis gestur siswa tentang konsep aljabar yang memberikan pemahaman lebih lanjut tentang topik tersebut. Kata kunci: Gestur, Pemahaman konsep, Aljabar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:05
Last Modified: 06 Jul 2023 04:05
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item