Turnitin: Pengaruh Perkuliahan Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Generik Sains Mahasiswa

Nur, Khoiri Turnitin: Pengaruh Perkuliahan Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika.

[img] Text
Pengaruh Perkuliahan Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Generik Sains Mahasiswa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan program perkuliahan berbasis proyek untuk mengembangkan keterampilan generik sains (KGS) mahasiswa dalam membuat suatu produk alat peraga dalam pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa peserta kuliah yang terdiri 30 orang mahasiswa, dan dibentuk menjadi 10 kelompok. Kebutuhan data yang diperlukan ditentukan dengan teknik penilaian yang sesuai yaitu observasi, tes praktik, dan penugasan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua aspek penilaian produk alat peraga yang telah dibuat oleh mahasiswa memiliki kategori sangat baik, selain itu nilai rata-rata skor KGS mahasiswa juga baik karena mahasiswa merancang sendiri panduan kegiatan praktikumnya, sehingga mahasiswa telah merekonstruksi pengetahuan tentang aspek-aspek KGS yang muncul pada tahap-tahap kegiatan. Aktivitas-aktivitas perkuliahan yang mencerminkan sikap dan perilaku sains telah berdampak pada peningkatan keterampilan generik sains mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Nur Khoiri
Date Deposited: 21 Jun 2023 12:33
Last Modified: 15 Oct 2023 05:20
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item