NILAI-NILAI YANG TERDAPAT DALAM FILM ANIMASI LORONG WAKTU EPISODE 1-10

Cahyadi, Fajar (2021) NILAI-NILAI YANG TERDAPAT DALAM FILM ANIMASI LORONG WAKTU EPISODE 1-10. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1). ISSN Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

[img] Text
Fajar_S5-02_INVENTA_Nilai-Nilai.pdf

Download (526kB)
[img] Text
TurnitinS_Fajar_S5-02_INVENTA_Nilai-Nilai.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menurunnya nilai moral pada anak usia sekolah dasar. Melalui hal tersebut, animasi Lorong Waktu diharapkan dapat menjadi acuan pendidikan moral melalui cara yang menyenangkan dengan cara menonton untuk meningkatkan nilai moral pada anak usia sekolah dasar. Fokus dalam penelitian ini adalah menemukan nilai moral yang terdapat dalam film animasi Loong Waktu episode 1-10. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai moral dalam film animasi Lorong Waktu episode 1-10. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat menyajikan nilai moral yang terdapat dalam film animasi Lorong Waktu episode 1-10. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Digunakannya metode kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang diperoleh dari peristiwa yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, serta metode pengamatan dan pencatatan. Berdasarkan hasil analisis film animasi Lorong Waktu episode 1-10 menunjukkan bahwa film tersebut memiliki nilai moral yaitu sikap hormat, bertanggungjawab, kejujuran, keadilan, toleransi, bijaksana, disiplin diri, suka menolong, berbelas kasih, kerja sama, berani dan demokratis. Kedua belas nilai moral yang menjadi acuan tersebar dan muncul disetiap adegan pada film animasi Lorong Waktu Episode 1-10.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:16
Last Modified: 14 Apr 2023 02:16
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item