Analisis Struktur Topikal Pada Paragraf Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

Setyaji, Arso and Hawa, Faiza and Sukmaningrum, Rahmawati (2021) Analisis Struktur Topikal Pada Paragraf Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. PROSIDING SEMINAR HASIL PENELITIAN 2021, 01. pp. 72-103. ISSN 978-623-6602-76-8

[img] Text
Analisis Struktur Topikal Pada Paragraf Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/arti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi internal koherensi dalam paragraf yang ditulis oleh mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang melalui analisis fisik, analisis pemakaian kata kunci dan progression dalam paragraph mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan content analysis (analisis isi) sebagai metodenya. Data primer dari penelitian ini berupa dokumen, yang didapat dari penugasan menuliskan paragraf bebas (free writing) yang diberikan kepada mahasiswa. Data yang diambil dari dokumen berupa klausa yang kemudian dianalisis untuk mengetahui fisik dari tiap paragraph tersebut, kata kunci, cohesive marker dan progression yang terdapat dalam paragraf tersebut. Hasil dari analisis meunjukkan bahwa fisik paragraph mahasiswa, yang terdiri dari kata, klausa, dan kalimat mengindikasi bahwa paragraph yang dihasilkan bersifat wordy. Untuk mendapatkan koherensi dalam tulisan, mahasiswa mengunakan tehnik pengulangan kata kunci, pemakaian cohesive marker, dan progression dalam tulisan mereka. Dari paragraph tersebut, mahasiswa mengaplikasikan beberapa tehnik untuk mengulangi kata kunci. Tehnik yang paling banyak digunakan untuk pengulangan kata kunci adalah pemakaian Pronoun. Pronoun digunakan sebanyak 9 kali (31.04%), kemudian diikuti oleh Specification dan Direct Repetition yang masing-masing muncul sebanyak 7 kali (24.14%). Phrasal Counterparts muncul sebanyak 5 kali (17.24%) dan yang terakhir adalah sinonim muncul sebanyak satu kali (3.5%). Terkait dengan penggunaan cohesive marker, peneliti menemukan 5 jenis cohesive marker dalam paragraph mahasiswa. Cohesive Marker tersebut adalah Discourse Connectives ditemukan sebanyak 20 kali (55.6%), Illocution Marker sebanyak 7 kali (19.44%), Modality Marker dan Attitude Marker masing-masing ditemukan sebanyak 4 kali (11.11%), dan Metalinguistics Marker sebanyak 1 kali atau 2.7%. 4 tipe Progression ditemukan dalam teks, akan tetapi tidak semua teks mengaplikasikan keempat tipe progression tersebut. Parallel Progression muncul sebanyak 26 kali (66.67%), Sequential Progression sebanyak 10 kali (25.6%), Extended Parallel Progression muncul sebanyak 2 kali (5.3%), dan Extended Sequential Progression muncul sebanyak 1 kali (2.6%). Dari temuan tersebut dosen writing hendaknya mengenalkan mahasiswa tentang karakteristik komunikatif teks (communicative features of a text) dan menambah dan memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang penggunaan progression didalam teks supaya teks yang ditulis oleh mahasiwa dapat dikembangkan dengan baik (well-developed), dan pesan tersampaikan kepada pembaca tanpa menimbulkan bias atau ketidak jelasan. Kata kunci: Analisis Struktur Topikal; progression; teks; writing.

Item Type: Article
Additional Information: PAPER PUBLICATION
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 12 Apr 2023 08:02
Last Modified: 12 Apr 2023 08:02
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1418

Actions (login required)

View Item View Item