PENANGGULANGAN BANJIR BANJIR SISI AIRSIDE BANDAR UDARA INTERNASIONALJENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

Miftakhul, Janah and Muhammad Tantowi, Jauhari and Ikhwanuidin, Ikhwanudin PENANGGULANGAN BANJIR BANJIR SISI AIRSIDE BANDAR UDARA INTERNASIONALJENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. PENANGGULANGAN BANJIR BANJIR SISI AIRSIDE BANDAR UDARA INTERNASIONALJENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. ISSN 2716-4969

[img] Text
turnitin artikel bandara_giratory.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
turnitin artikel bandara_giratory.pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semarang merupakan salah satu kota yang sering terjadi bencana banjir akibat cuaca hujan yang sangat tinggi. Hal ini mengakibatkan runway bandara Ahmad Yani tergenang air setinggi kurang lebih 50 cm disekitar sisi airside yang dapat mengganggu operasional penerbangan. Maka dari itu perlu adanya suatu kegiatan penanggulangan banjir untuk dapat meminimalisir keadaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor akibat terjadinya banjir di sisi airside bandara Ahmad Yani dan mengetahui rancangan sistem drainase jangka pendek dan jangka panjang. Dalam perhitungan debit banjir rencana (R24) menggunakan data seperti curah hujan, data pengukuran saluran, dan kondisi saluran tersebut. Berdasarkan data tersebut peneliti akan menghitung hujan rencana kala ulang Q2, Q5, Q10, Q25, Q50, dan Q100 tahun. Untuk menghitung data tersebut kami mengunakan Distribusi Normal, Distribusi Log Normal, Distribusi Log Pearson III, dan Distribusi Gumbel. Kemudian dari perhitungan tersebut dipilih analisa metode Distribusi Gumbel karenalebih mendekati. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan metode Rasional maka diperoleh nilai debit banjir puncak (QP) dikala Q2 semua saluran mampu menampung debit banjir rencana, Q5 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q10 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q25 terdapat 1 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2, Q50 terdapat 2 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2 dan S1B-P7, Q100 terdapat 2 saluran tidak mampu menampung yaitu di DU1-P2 dan S1B-P7. Untuk rancangan sistem drainase jangka pendek penanggulanagan banjir meliputi: perbaikan saluran yang rusak, peningkatan pondasi pagar BRC sisi barat, perbaikan jalan akses stasiun pompa, peningkatan tanggul airside, dan operasional pompa. Pada rancangan sistem drainase jangka panjang penanggulangan banjir dilakukan penambahan dimensi saluran drainase di pada sisi airside karena terdapat2 (dua) saluran yang tidak memampu menampung debit rencana pada kala ulang 50 tahun (Q50) dengan penambahandimensi di saluran DU1-P2 b = 3,5 h = 0,5 dan S1B-P7 b= 2,7 h = 0,9

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil
Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil
Depositing User: dosen upgris semarang
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:57
Last Modified: 20 Mar 2023 06:57
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item