PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU FISIKA MELALUI TEACHING CLINIC MGMP

Murniati, Ngurah Ayu Nyoman and Nuvitalia, Dwi (2017) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU FISIKA MELALUI TEACHING CLINIC MGMP. Universitas PGRI Semarang.

[img]
Preview
Text
[2014]_ngurahayunyomanmurniati_laporan_akhir tahun ke 2 HB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan mata pelajaran fisika di jenjang pendidikan menengah diperlukan peningkatan minimal dua hal, yaitu (1) peningkatan mutu dan pengelolaan pengembangan kemampuan guru, dan (2) penciptaan kondisi lingkungan yang mampu meningkatkan motivasi guru . Salah satu alternatif kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam lingkungan yang kondusif dan sarat dengan motivasi adalah melalui pemberdayaan organisasi profesi seperti MGMP. Pengembangan keprofesionalan guru berkelanjutan melalui Teaching Clinic MGMP. Berdasar hal tersebut diatas dilakukan penelitian dalam dua tahun yang bertujuan di tahun pertama adalah merumuskan model pembinaan profesionalitas guru Fisika SMK melalui Teaching Clinic MGMP, serta merancang manajemen percontohan Teaching Clinic MGMP Fisika SMK di kota Semarang. Pada tahun kedua, penelitian dilakukan untuk mengetahui efektifitas pembinaan profesionalitas guru Fisika SMK kota Semarang melalui Teaching Clinic MGMP. Metode yang direncanakan adalah R&D dengan produk yang dihasilkan adalah Model Teaching Clinic MGMP dan Pedoman pengelolaannya pada tahun pertama. Efektivitas implementasi pengembangan Teaching Clinic MGMP sebagai model pengembangan keprofesionalan guru Fisika merupakan hasil yang diharapkan tercapai pada tahun ke dua. Keefektifan pembinaan pada Klinik Pedagogik dengan sub klinik Didaktik metodik terlihat dari hasil penilaian guru yang mengikuti klinik (rata-rata skor 86) lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti klinik (rata-rata skor (72). Hasil tersebut kemudian di bandingkan dengan nilai teman sejawat, kepala sekolah dan siswa. Keefektifan pembinaan pada Klinik Profesional sub klinik Pendalaman Materi lebih baik dibandingkan sebelum mengikuti klinik. Triangulasi hasil tampak pada nilai teman sejawat, kepala sekolah dan siswa yang lebih baik dibandingkan saat guru belum mengikuti klinik. Rekomendasi penelitian diberikan pada Dinas Pendidikan, LPMP dan PT untuk dapat berpartisipasi pada klinik-klinik dalam Teaching Clinic untuk membina profesionalisme guru Fisika. Kata kunci : Profesional, Guru Fisika, Teaching Clinic

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rilian Afta Marsti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:28
Last Modified: 09 Feb 2018 07:28
URI: http://eprints.upgris.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item